Portfolio Kami

Lihat sekarang untuk ide kantor kamu
Artikel Menarik, klik disini
Konsultasi Gratis
untuk Hunian dan Kantor kamu, klik disini
Tertarik jualan di Gudang Furniture?
daftar jadi merchant kami, klik disini
Masukan kode OTP
Daftar
No. Handphone Kamu
Email kamu
Nama Kamu
Buat akun
Masukan Password
Daftar
Masukan kode OTP
Daftar
dengan mendaftar, saya menyetujui Syarat dan Ketentuan juga Kebijakan Privasi di Gudang Furniture
Menu Utama
Atur Ulang kata sandi kamu disini
Masukkan e-mail atau nomor HP yang terdaftar. Kami akan mengirimkan kode verifikasi untuk atur ulang kata sandi.
Sub Kategori
Artikel
8 Manfaat Penerapan TKDN, Gudang Furniture Ikut Mendukung Program Pemerintah
di posting 2024-02-05

TKDN memiliki berbagai manfaat bagi pemerintah maupun masyarakat Indonesia. Secara singkat, penerapan TKDN dapat meminimalisasi produk impor dan meningkatkan daya saing produk di dalam negeri. Untuk lebih jelas informasi mengenai penerapan TKDN, dapat menyimak pembahasan mengenai 5 manfaat TKDN berikut ini:

1. Tercipta Lapangan Kerja Baru

Manfaat pertama yang diharapkan untuk penerapan TKDN di Indonesia adalah terciptanya lapangan kerja baru. Tentu hal ini menjadi concern utama dari pemerintah ketika ingin menerapkan apa itu TKDN. Jika lapangan kerja baru tercipta, tentu tingkat pengangguran dan kemiskinan di Indonesia akan menurun.

Lapangan kerja baru tercipta karena TKDN berfokus pada pemanfaatan barang dan jasa dalam negeri. Selain itu, TKDN juga bertujuan untuk meningkatkan penggunaan produksi di dalam negeri. Hal tersebut tentu berkaitan dengan kebutuhan tenaga kerja dalam negeri yang semakin tinggi.

 

2. Penghematan Devisa Negara

TKDN bermanfaat untuk menghemat devisa negara, yang mana ada kaitannya dengan minimalisasi ketergantungan pada produk impor atau luar negeri. Bayangkan jika masyarakat Indonesia konsumtif dengan produk impor, maka hal tersebut akan menghambat devisa negara meningkat.

Apabila pemerintah menerapkan TKDN, maka belanja pemerintah akan lebih optimal dan terfokuskan pada sektor domestik. Hal tersebut tentu akan bermanfaat sekali pada cadangan devisa negara alias kesempatan untuk tidak boros belanja produk impor.

 

3. Meningkatkan Pemasukan PPh

Jika TKDN dioptimalkan, maka sudah dapat dipastikan jika pemasukan PPh (Pajak Penghasilan) akan meningkat. Hal tersebut karena produk-produk buatan dalam negeri semakin meningkat drastis, sehingga apa itu TKDN dan berbagai sektor peningkatannya wajib dioptimalkan dan mulai digalakkan pada aspek-aspek strategis.

 

4. Dukungan Untuk Ekonomi Dalam Negeri

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa apabila TKDN sudah optimal dari segi penerapan, maka berbagai aspek ekonomi dan sosial akan meningkat kualitasnya.

Misalnya, ekonomi di dalam negeri semakin meningkat. Lalu, PDB Indonesia juga akan meningkat seiring kualitas penduduk dari segi ekonomi juga meningkat. Hal ini tentu menjadikan TKDN sebagai “angin segar” bagi perekonomian di dalam negeri.

 

5. Meningkatkan Rasa Bangga dengan Produk Dalam Negeri

manfaat TKDN adalah untuk meningkatkan rasa bangga dan percaya pada produk dalam negeri. Inspeksi dan Konsultasi TKDN membuat masyarakat Indonesia memiliki rasa percaya pada kualitas produk dari dalam negeri.

Hal tersebut juga akan berpengaruh pada terjadinya persaingan sehat antara produk dalam dan luar negeri. Secara singkatnya, TKDN akan menjadi acuan untuk meningkatkan produk dalam negeri sama dengan produk internasional dari aspek kualitasnya.

 

6. Meningkatkan Daya Saing Perusahaan

TKDN merupakan salah satu komponen wajib yang harus disertakan dalam proses lelang di instansi pemerintah, perusahaan KKS (Kontraktor Kerja Sama), sehingga hal ini dapat menambah daya saing perusahaan dan meningkatkan peluang dalam memenangkan lelang/tender.

 

7. Meningkatkan Peluang Memenangkan Tender

Merujuk Perpres 16 Tahun 2018 pasal 66, perusahaan yang telah mencapai persentase capaian TKDN melebihi 25% dan memperoleh kontrak > Rp 1 Miliar akan memperoleh insentif dari pemerintah, berupa preferensi dalam menentukan pemenang lelang atau tender. Preferensi yang diberikan berupa toleransi atas kelebihan penawaran harga, artinya apabila perusahaan mengajukan penawaran melebihi penawaran yang diajukan peserta lelang lain, tetapi peserta lelang tersebut belum melakukan sertifikasi TKDN atau memiliki nilai TKDN lebih kecil, maka perusahaan Anda yang akan ditunjuk sebagai pemenang dalam proses evaluasi akhir pengadaan.

 

8. Langkah Gudang Furniture dalam Mendukung Program Pemerintah

Gudang Furniture dibawah naungan PT Saptakarsa Prima mendukung program pemerintah dalam menghadirkan produk furnitur TKDN dan memenuhi persyaratan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan Bobot Manfaat Perusahaan (BMP) lebih dari 40%. Adapun produk Gudang Furniture yang memenuhi standar TKDN itu di antaranya Meja, Meja Sekolah, Lemari, Laci, Sofa, Kursi, Workstation, Tempat Tidur, Kursi Sekolah. Dalam mendukung program TKDN, Gudang Furniture membangun bangsa melalui pemanfaatan sumber daya di Indonesia dan mendorong kemajuan industri dan ekonomi secara menyeluruh. Kamu juga bisa menemukan furniture di Gudang Furniture yang telah memiliki sertifikasi TKDN.

***

Kesimpulan dari pembahasan di atas adalah masyarakat juga perlu mengetahui pengertian TKDN beserta komponen, sektor-sektor penerapan dan berbagai manfaatnya. Hal tersebut bertujuan agar produk dalam negeri terus berkembang kualitasnya dan ada aspek masyarakat yang mendukungnya.

WhatsApp