Portfolio Kami

Lihat sekarang untuk ide kantor kamu
Artikel Menarik, klik disini
Konsultasi Gratis
untuk Hunian dan Kantor kamu, klik disini
Tertarik jualan di Gudang Furniture?
daftar jadi merchant kami, klik disini
Masukan kode OTP
Daftar
No. Handphone Kamu
Email kamu
Nama Kamu
Buat akun
Masukan Password
Daftar
Masukan kode OTP
Daftar
dengan mendaftar, saya menyetujui Syarat dan Ketentuan juga Kebijakan Privasi di Gudang Furniture
Menu Utama
Atur Ulang kata sandi kamu disini
Masukkan e-mail atau nomor HP yang terdaftar. Kami akan mengirimkan kode verifikasi untuk atur ulang kata sandi.
Sub Kategori
Artikel
Mengenal Apa itu Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN)
di posting 2024-02-23

Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) merupakan suatu aspek penting dalam hal rantai pasokan di dalam negeri. Kementerian yang bertanggung jawab pada aspek satu ini adalah Kementerian Perindustrian. TKDN memberikan pengaruh penting pada pemasaran dan pengadaan barang di masyarakat, namun apa itu TKDN?

Di dalam pembahasan ini akan dijelaskan mengenai pengertian TKDN serta berbagai komponen perhitungan, manfaat serta sektor prioritas dalam penetapan TKDN. Selain itu, akan dijelaskan alasan mengapa nilai TKDN dalam pengadaan barang dan jasa dianggap sangat penting.

TKDN dalam Pengadaan Barang dan Jasa

Penerapan TKDN dalam pengadaan barang dan jasa dalam pemberdayaan industri dalam negeri, merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan P3DN (Penggunaan Produk Dalam Negeri). Maka dari itu di dalam peraturannya, pemerintah mewajibkan penggunaan produk negeri yang digunakan oleh komponen berikut:

-Sumber pembiayaan yang berasal dari APBN adalah K/L/PD, yang mana APBD juga termasuk dalam pinjaman atau hibah dari dalam negeri atau luar negeri;

-Sumber pembiayaan yang berasal dari APBN juga diperuntukkan BUMN dan BUMD melalui kerjasama antara pemerintah dan swasta.

 

 3 Jenis Perhitungan TKDN

Mengenai pengertian TKDN, secara garis besarnya adalah nilai persentase dari komponen berbagai produksi di dalam negeri. Nilai produksi tersebut terdiri dari biaya pengangkutan suatu item penawaran harga barang dan jasa.

Terdapat 3 jenis komponen perhitungan atau penilaian produk barang dan jasa TKDN. Jenis perhitungan ini ditujukan pada perusahaan yang dipersyaratkan untuk memiliki TKDN pada barang dan jasa yang dimiliki. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan perhitungan TKDN di bawah ini:

1. Perhitungan Komponen dalam Negeri Pada Barang

Definisi barang ialah untuk setiap benda baik berwujud maupun tidak berwujud, bergerak maupun tidak bergerak yang dapat diperdagangkan, dipakai, dipergunakan atau dimanfaatkan oleh Pengguna Barang. Perhitungan TKDN barang menghitung persentase komponen dalam negeri dari material yang digunakan, kewarganegaraan tenaga kerja, serta kepemilikan dan negara asal alat kerja dipakai. 

Perlu diketahui bahwa perhitungan TKDN barang dilakukan terhadap setiap jenis barang. Jenis barang merupakan barang yang diproduksi berdasarkan proses produksi dan bahan baku (material) yang sama. Sehingga jika perusahaan Anda memproduksi beberapa jenis barang dengan menggunakan proses produksi dan bahan baku yang berbeda-beda, maka harus dilakukan perhitungan TKDN tersendiri untuk masing-masing jenis barang tersebut.

2. Perhitungan Komponen dalam Negeri Pada Jasa

Perhitungan komponen TKDN jasa memperhitungkan kewarganegaraan tenaga kerja, alat & fasilitas kerja, serta jasa umum yang digunakan dalam melakukan jasa yang diperdagangkan. Biaya yang diperhitungkan ialah keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan jasa yang dihitung sampai di lokasi pengerjaan (On Site). 

3. Perhitungan Komponen dalam Negeri Barang dan Jasa

Jenis terakhir adalah perhitungan komponen TKDN barang dan jasa yang mana kombinasi dari dua poin sebelumnya. Perhitungan komponen lokal atas bahan baku/material yang digunakan dan peralatan kerja  digabungkan dengan tenaga kerja, jasa umum, konstruksi/fabrikasi, dan fasilitas kerja. Semakin banyak komponen-komponen tersebut yang berasal dari dalam negeri, maka semakin tinggi pula nilai TKDN atas produk tersebut.. 

***

Kesimpulan dari pembahasan di atas adalah masyarakat juga perlu mengetahui pengertian TKDN beserta komponen, sektor-sektor penerapan dan berbagai manfaatnya. Hal tersebut bertujuan agar produk dalam negeri terus berkembang kualitasnya dan ada aspek masyarakat yang mendukungnya.

 

WhatsApp