Portfolio Kami

Lihat sekarang untuk ide kantor kamu
Artikel Menarik, klik disini
Konsultasi Gratis
untuk Hunian dan Kantor kamu, klik disini
Tertarik jualan di Gudang Furniture?
daftar jadi merchant kami, klik disini
Masukan kode OTP
Daftar
No. Handphone Kamu
Email kamu
Nama Kamu
Buat akun
Masukan Password
Daftar
Masukan kode OTP
Daftar
dengan mendaftar, saya menyetujui Syarat dan Ketentuan juga Kebijakan Privasi di Gudang Furniture
Menu Utama
Atur Ulang kata sandi kamu disini
Masukkan e-mail atau nomor HP yang terdaftar. Kami akan mengirimkan kode verifikasi untuk atur ulang kata sandi.
Sub Kategori
Artikel
6 Bandara di Indonesia Dengan Desain Arsitektur Unik, Keren Banget!
di posting 2020-08-06

Bandara merupakan sebuah fasilitas tempat pesawat terbang dapat lepas landas dan mendarat, sekaligus merupakan pintu gerbang suatu negara atau daerah. Sebagai tempat berkumpulnya transportasi udara,bandara juga menjadi salah satu tempat yang asik buat berwisata. Karena, tak sedikit bandara di Indonesia yang menawarkan arsitektur unik yang membuat kamu tidak akan merasa bosan, terlebih saat pesawat mengalami keterlambatan.

Pesawat seringkali menjadi transportasi pilihan karena waktu perjalanannya yang tergolong singkat. Apalagi kamu yang suka traveling atau mudik ke kampung halaman pasti banyak yang memilih pergi ke bandara untuk menggunakan transportasi udara. Dengan memiliki arsitektur unik seperti ini tentu membuat kamu menjadi nyaman berlama-lama di bandara.

 

Berikut bandara di indonedia dengan desain arsitektur unik yang telah Gudang Furniture rangkum dari berbagai sumber :

 

1. Bandara Internasional Kualanamu

source : bisnis.tempo.co

Berjarak sekitar 26 kilometer dari pusat kota Medan, Bandara Internasional Kualanamu merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia. Diresmikan pada tahun 2013, Bandara Internasional Kualanamu merupakan bandara pertama di Indonesia yang menghadirkan layanan kereta api bandara dengan rute Stasiun Medan – Stasiun Bandara Kualanamu.

Berfungsi sebagai pengganti Bandara Polonia, bandara ini memiliki landas pacu sepanjang 3.750 meter dan terminal berdesain futuristik dengan luas sekitar 224 ribu meter persegi. Untuk menunjang kebutuhan para pengunjung, beragam restoran, kafe, gerai belanja, dan hotel transit tersedia di bandara ini. Interior berdesain modern nan elegan bisa menjadi latar foto yang keren untuk diunggah ke Instagram.

 

2. Bandara Internasional Ngurah Rai

source : www.balitravelmaker.id

Sebagai gerbang menuju Pulau Dewata, Bandara Internasional Ngurah Rai akan menyambut para pengunjung dengan menampilkan perpaduan desain modern dan arsitektur tradisional Hindu Bali. Bandara ini berjarak sekitar 13 kilometer dari pusat kota Bali dan merupakan bandara tersibuk ketiga di Indonesia.

Patung-patung dan detail interior bergaya tradisional membangun atmosfer Bali yang kental. Selain itu, beragam pilihan restoran, kafe, dan toko tersedia di bandara, baik di terminal domestik maupun internasional. Perpaduan gaya arsitektur yang ditampilkan dan fasilitas yang mumpuni menjadikan Bandara Internasional Ngurah Rai sebagai salah satu bandara di Indonesia dengan desain artitektur unik.

 

3. Bandara Sepinggan

source : www.wikagedung.co.id

Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman atau yang lebih dikenal sebagai Bandara Sepinggan merupakan salah satu bandara di Indonesia dengan desain artitektur unik yang menghadirkan desain futuristik, dengan beragam fasilitas penunjang yang berkelas. Bandara yang terletak di Balikpapan, Kalimantan Timur ini merupakan bandara tersibuk keenam di Indonesia.

Bandara ini tampil cantik dengan dominasi warna putih pada interior terminal, dan jendela-jendela besar yang membuat area terminal terasa lapang. Mengusung konsep eco-airport, bandara ini memaksimalkan penggunaan cahaya matahari sebagai sumber energi untuk pengendalian suhu udara dan proses daur ulang air.

 

Bandara Sepinggan lebih mengedepankan modernisasi dan life style. Bandara yang mengedepankan kenyamanan penumpang, menghadirkan nuansa perjalanan yang mewah dan megah. Disini, kamu bisa menikmati fasilitas Bandara yang terbilang lengkap dan berbeda dari bandara lainnya, yaitu food court, boutique hingga bioskop seperti di mal.

 

4. Bandara Internasional Soekarno-Hatta

source : www.boombastis.com

Berlokasi di Tangerang, Banten, Bandara Internasional Soekarno-Hatta merupakan bandara terbesar pertama di Indonesia dan tersibuk kedelapan di dunia. Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga merupakan bandara kedua di Indonesia yang menghadirkan layanan kereta api bandara, dengan rute Stasiun Bandara – Stasiun Sudirman.

Bandara ini mengusung desain pendopo khas arsitektur Jawa untuk Terminal 1 dan 2. Taman-taman tropis kecil juga hadir di sekitar ruang tunggu. Sementara itu, Terminal 3 menampilkan desain yang futuristik. Untuk memenuhi kebutuhan pengunjung, bandara ini menyediakan fasilitas berkelas seperti hotel transit, shopping arcade, pojok baca, serta padang golf seluas 102 hektare.

Sejak diresmikan pada tahun 2017 lalu, terminal 3 Bandaara Soekarno-Hatta memang banyak bebenah diri. Perbaikan yang dilakukan di sana-sini sukses mewujudkan Bandara Soekarno-Hatta, yang tak hanya sebagai tempat keberangkat, tetapi dapat juga disejajarkan dengan  bandara di luar negeri.  

Di sana terpasang berbagai ornamen-ornamen lokal yang menunjukkan kearifan budaya Indonesia kepada para turis datang. Kamu bisa sekadar menikmati mural yang ada dan bahkan berfoto di antara mural tersebut.

 

5. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin

source : www.traveloka.com

Arsitektur Bandara Sultan Hasanuddin yang terkesan futuristik ini tidak kemudian mengabaikan unsur-unsur budayanya. Nilai-nilai lokal terlihat jelas di dalam setiap desain bagian bangunannya. Lengkung-lengkung pada atapnya misalnya, merupakan penggambaran dari ombak sebagai wujud semangat dari masyarakat Bugis-Makassar, dan motif di langit-langit pada terminalnya yang mengambil dari motif kain sulam Mandar. Semua hal ini bisa terjadi karena desain arsitekturnya dibangun oleh Tenaga Ahli dari Indonesia atas prakarsa Bapak Jusuf Kalla yang merupakan putra asli Makassar. Berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Makassar, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin merupakan bandara yang menampilkan gaya arsitektur structural expressionism pada desain interior dan eksteriornya.

Bandara Internasional Sultan Hasanuddin menampung sekitar 7 juta penumpang. Selain itu, fasilitas pelengkap seperti restoran, kafe, dan tempat ibadah akan menunjang kebutuhan dan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.

 

6.    Bandara Ahmad Yani

source : www.asedino.com

Dengan mengusung tema eco airport, Bandara Ahmad Yani, Semarang, menjadi bandara pertama di Indonesia yang berdiri di atas air (floating airport). Lokasi bandara yang memang berada di sekitar rawa membuat PT Angkasa Pura II mempertahankan stabilitas alam dengan tidak menghilangkan unsur rawa yang ada.

Karena keunikan alam yang tetap dipertahankan itu, Bandara Ahmad Yani pun berhasil menghadirkan fasilitas yang terbilang unik. Salah satunya seperti taman di atas air yang terintegrasi langsung dengan fasilitas lain yang ada di bandara.

 ****

Itu dia 6 bandara di Indonesia dengan desain arsitektur unik yang Gudang Furniture rangkum. Menurutmu bandara mana yang paling unik?

 

WhatsApp