6 Tips Ampuh Merawat Lemari Kayu Agar Tahan Lama

source : www.pinterest.com

Proses merawat lemari kayu sebenarnya juga tidak sulit asalkan kamu melakukannya secara cermat. Apabila lemari kayu rusak bukan hanya membuat kamu harus membeli yang baru, melainkan juga rentan merusak barang-barang yang Anda simpan di lemari tersebut. Untuk itu, sebaiknya Anda merawat lemari kayu dengan beberapa tips mudah ini agar selalu menjaga daya tahannya.

1.  Jauhkan Lemari dari Tembok

source : www.pinterest.com

Biasanya lemari diletakkan menempel dengan tembok, terutama bila ukuran rumah kamu mungil. Meletakkan lemari berdekatan dengan tembok dianggap efektif menghemat ruang. Sebenarnya, hal sepele ini justru membuat lemari rentan lembap dan berjamur. Alangkah lebih baik bila kamu memberi jarak minimal 5 cm antara tembok dan lemari. Jarak tersebut akan memperlancar sirkulasi udara sehingga efektif mencegah lemari lembap.

 

2.  Hindari Koran untuk Alas Lemari

source : www.pinterest.com

Salah satu kebiasaan yang dilakukan banyak orang saat menggunakan lemari kayu adalah memakai koran sebagai alas lemari. Kebiasaan ini ternyata patut dihindari. Karena material kertas koran bisa menjadi sumber makanan terbaik untuk jamur, tungau, dan kutu. Lemari kayu kamu jadi lebih rentan lembap dan berjamur akibat alas kertas koran. Kamu hanya perlu membersihkan lemari sampai tuntas sebelum menggunakannya untuk menyimpan pakaian, pajangan, atau benda-benda lainnya.

 

3.  Keringkan Isi Lemari dengan Hair Dryer

Caption

Tak banyak orang yang tahu bahwa hair dryer bisa dimanfaatkan untuk merawat lemari kayu. Kamu dapat mengeringkan seisi lemari dengan hair dryer sehingga lemari tersebut bebas lembap dan mikroorganisme perusak. Diamkan lemari yang sudah dikeringkan dengan hair dryer selama beberapa saat agar temperaturnya kembali normal sebelum diisi barang-barang. Lakukan proses pengeringan dengan hair dryer secara teratur untuk memperoleh hasil terbaik.

 

4.  Bersihkan Lemari dengan Lap Kering

source : www.pinterest.com

Bagian luar dan dalam lemari yang kotor harus dibersihkan secara seksama dengan lap kering. Hal ini agar debu dan kotoran yang menempel bisa disingkirkan sampai tuntas. Jangan menggunakan lap basah karena kandungan air justru rentan menyebabkan pertumbuhan jamur pada lemari kayu.

 

5.  Lapisi Lemari dengan Cairan Polish

source : www.pinterest.com

Bagian luar lemari kayu juga harus dirawat secara seksama agar kualitas kayunya tetap terjaga dan kelihatan menarik. Itulah sebabnya kamu harus rutin melapisi bagian luar lemari kayu dengan cairan polish. Karena cairan tersebut akan menonjolkan kilau alami lemari kayu dan membuat kayu jadi lebih tahan terhadap serangan rayap. Membersihkan lemari kayu jadi semakin praktis bila kamu menyiapkan cairan polish berkualitas.

 

6.  Letakkan Kapur Barus di Lemari

source : www.pinterest.com

Kapur barus adalah solusi tepat untuk mengatasi lemari kayu yang lembap dan berbau tak sedap. Kandungan kapur barus juga sangat efektif mencegah perkembangbiakan mikroorganisme di lemari. Kalau kamu tak suka dengan aroma kapur barus yang agak menyengat, pilihlah kapur barus yang tidak berbau dan dikemas rapi dalam kantong khusus. Jangan lupa mengisi kapur barus secara berkala untuk menggantikan kapur barus yang mulai habis.

***

Mulai sekarang, pastikan kalau kamu merawat lemari kayu dengan cara yang tepat. Dengan demikian, lemari kayu kesayangan kamu pun akan selalu tahan lama dan tampak seperti furniture baru. Oh iya, kalau kamu lagi cari lemari dan furniture rumah lainnya semua bisa kamu temukan di Gudang Furniture

Artikel Terkait

Apr 02, 2021
Jenis Kursi Kantor Yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi Anda yang bekerja setiap hari di kantor, kursi adalah salah satu furnitur penting untuk mendukung produktivitas. Setiap pekerja tentunya mendambakan kursi kantor yang nyaman dipakai bahkan diduduki hingga berjam-jam.

Mar 25, 2021
Memilih Bahan Kursi Kantor, Mana Yang Paling Cocok Untuk Kamu?

Salah satu faktor penentu kenyamanan kursi kantor, terletak pada pilihan bahan pelapis sandaran dan dudukan kursi. Bahan kursi kantor yang umum digunakan adalah kain, kain jaring (mesh), kulit (leather) dan kulit sintetis (faux leather), yang masing-masing memiliki tampilan, rasa dan peruntukkan yang berbeda-beda.

Mar 10, 2021
Jenis-Jenis Meja Kantor yang Perlu Kamu Tahu!

Desain kantor mengalami perkembangan dari hari ke hari.  Tak hanya dari desainnya, furnitur yang mengisi kantor juga mengalami perubahan. Meskipun begitu, meja kantor masih menjadi salah satu furnitur kantor yang penting untuk dimiliki saat ini.

Dec 10, 2020
Jenis Jenis Finishing Cat Kayu Yang Paling Recommend Untuk Furniture

Finishing pada furnitur kayu merupakan proses pemberian lapisan pada permukaan kayu untuk melindungi dan mengawetkan furnitur kayu. Selain itu, finishing kayu juga berguna untuk menutupi beberapa kelemahan kayu dalam hal warna, tekstur dan ketahan dalam hal benturan dan keadaan cuaca. Bahan untuk finishing kayu merupakan lapisan penentu terhadap hasil akhir suatu proses finishing.