Bosan Bekerja Di “Dalam” Rumah, Manfaatkan “Ruang Luar”, Yuk!

Pic Source : Pixabay.com

Hapuskan rasa bosan bekerja #dirumahaja dengan menggunakan area-area terbuka yang ada di rumahmu. Bagaimana caranya? Intip dalam uraian tim Gudang Furniture berikut, yuk!

Pandemi Corona COVID-19 di tanah air belum juga usai. Setelah sebulan lebih berjalan, masa-masa melakukan segala aktivitas di dalam rumah masih berlanjut sampai saat ini. Tak heran, banyak orang yang merasa bosan pada rutinitas yang monoton: bekerja dari pagi di rumah, melakukan pekerjaan rumah tangga, dan melihat pemandangan yang itu-itu saja.

Namun, tak hanya bosan, ternyata berbagai gangguan mental bisa terjadi dalam masa pandemi ini, salah satunya adalah kecemasan berlebih akan penularan penyakit, hingga kekhawatiran pada kondisi finansial keluarga yang menurun drastis.

Hal ini juga bisa disebabkan oleh sick building syndrome, salah satu sindrom kepenatan mental yang mungkin terjadi karena rutinitas berulang dalam bangunan hunian. Tak sekadar rutinitas yang membosankan, sick building syndrome juga bisa terjadi karena adanya polusi ruang, yang menyebabkan kurangnya asupan oksigen ke otak. Hal ini bisa berdampak pada produktivitas bekerja, menurunnya konsentrasi, serta terbengkalainya tugas dan kewajiban.

Salah satu solusi dari sick building syndrome ini adalah “memindahkan” fungsi area bekerja—yang biasanya dilakukan di dalam ruangan—ke area luar rumah, seperti pada teras atau pada taman kecil di rumah. Bahkan, dikutip dari Tabloid RUMAH, Yandi Oktaviano—seorang arsitek sekaligus dosen arsitektur di Universitas Indonesia—menjelaskan bahwa ruang luar dan alam terbuka merupakan “ensiklopedia” hidup yang dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Kelebihan Bekerja di Ruang Terbuka

Tahukah Anda, bahwa bekerja di ruang terbuka bisa memiliki beberapa kelebihan tersendiri? Salah satu kelebihan itu adalah mengalirnya sirkulasi udara yang baik di antara area hijau di rumah. Kandungan oksigen yang dihasilkan tanaman hijau pun bisa Anda dapatkan, hingga otak bisa bekerja lebih maksimal. Pun, hal ini bisa mengatasi sick building syndrome yang disebabkan polusi dalam ruang.


Selain udara, Anda pun akan mendapatkan pencahayaan alami, yang tentu saja bisa membantu Anda menghemat pengeluaran rumah tangga di tengah masa pandemi seperti ini, bukan? Tak hanya itu, Anda pun bisa membantu “bumi” untuk menjadi lebih hemat energi, lho.

Hal ini otomatis bisa membantu Anda meningkatkan produktivitas bekerja, bukan?

Cara Penerapan Area Bekerja di Ruang Luar

Bagaimana cara memanfaatkan ruang luar rumah—yang tak jarang berlahan sempit—sebagai area bekerja yang tepat? Intip tips dari Gudang Furniture berikut, ya!

1. Manfaatkan ruang luar yang relatif lebih “penuh” oleh unsur tanaman hijau.

2. Gunakan furniture yang juga lebih tahan akan terpaan cuaca, atau bisa juga menggunakan furniture yang mudah dipindahkan, agar bisa sesaat-saat beralih ke dalam rumah kembali.

3. Gunakan ruang luar yang jauh dari keramaian, seperti teras belakang.

4. Pastikan bahwa ruang luar tersebut memiliki penutup atap atau berada pada area yang teduh.

5. Jika tak memungkinkan menggunakan ruang luar, ada baiknya Anda menata area kerja Anda dengan tanaman hijau yang dapat menyegarkan “pikiran”. Lebih fresh, kan?

***

Jadi, tak selamanya bekerja dari rumah secara terus menerus itu membosankan, bukan? Yang terpenting, bagaimana caranya memanfaatkan setiap sudut rumah agar tetap bisa produktif bekerja, walau tak bisa ke mana-mana.

Intip pula direktori produk di Gudang Furniture untuk melengkapi kenyamanan beraktivitas di rumah, ya!

Artikel Terkait

Mar 04, 2021
Cara Efektif Membuat Desain Ruang Tamu Kekinian

Ruang tamu menjadi ruangan yang penting bagi rumah kamu. Ruangan ini memberikan kesan pertama saat tamu berkunjung ke rumah. Bayangkan bila ruang tamu tidak tertata apik, tentu akan menimbulkan kesan yang tidak baik bagi penghuni rumah.

Feb 18, 2021
12 Gaya Desain Interior Kamar Paling Keren

Pernah gak sih bingung mau desain interior kamarmu seperti apa. Namun, ada begitu banyak gaya desain interior yang unik. Terus, apa sih yang membedakannya satu sama lain? Mana yang paling cocok?

Dec 17, 2020
Dekorasi Natal ini Buat Rumah Lebih Ceria

Tak terasa ya Teman Gudang, kita sudah dipenghujung tahun 2020 dan beberapa hari lagi dan perayaan Natal sudah di depan mata. Buat kamu yang merayakan Natal, pasti tak lengkap rasanya menyambut Natal tanpa dekorasi yang kental dengan suasana Natal di rumah. Dekorasi Natal yang tepat akan membuat rumah terasa lebih hangat, ceria, sekaligus meriah bersama keluarga.

Nov 19, 2020
Begini Caranya Mendesain Interior untuk Ruang Kantor Kekinian

Saat ini, sudah banyak kantor yang mendekorasi ruangannya dengan menghilangkan unsur kaku dan serius. Ruang kantor pun dibuat nyaman dan menyenangkan untuk membuat para karyawan merasa lebih homey dan betah berada di kantor. Mau mendekorasi interior ruang kantor dengan konsep yang modern dan inspiratif? Yuk simak tips dalam mendesain interior kantor modern

Chat

Untuk Menggunakan fitur ini silahkan
dulu atau daftar

Dengan menekan "Daftar", saya mengkonfirmasi kalau saya setuju dengan Kebijakan Privasi