Portfolio Kami

Lihat sekarang untuk ide kantor kamu
Artikel Menarik, klik disini
Konsultasi Gratis
untuk Hunian dan Kantor kamu, klik disini
Tertarik jualan di Gudang Furniture?
daftar jadi merchant kami, klik disini
Masukan kode OTP
Daftar
No. Handphone Kamu
Email kamu
Nama Kamu
Buat akun
Masukan Password
Daftar
Masukan kode OTP
Daftar
dengan mendaftar, saya menyetujui Syarat dan Ketentuan juga Kebijakan Privasi di Gudang Furniture
Menu Utama
Atur Ulang kata sandi kamu disini
Masukkan e-mail atau nomor HP yang terdaftar. Kami akan mengirimkan kode verifikasi untuk atur ulang kata sandi.
Sub Kategori
Artikel
Menjadi Seorang Introvert, Tetap Bisa “Bersinar” Kok!
di posting 2019-12-20

Tak hanya kaum ekstrovert yang bisa sukses dalam jenjang karir, kaum introvert pun bisa berhasil dan bersinar, kok! Gudang Furniture akan membahasnya dalam artikel berikut, lho!

Di sebuah ruangan kantor yang penuh karyawan, dua orang duduk berdampingan, bersebelahan satu sama lain. Yang satu, merupakan seorang pendiam yang gemar “beralienasi”, suka memakai headset dan menyepi dalam dunianya sendiri di kala bekerja. Sedangkan yang satu lagi, adalah seorang yang riang, dengan karakter ceria, dan senang berbincang dengan para koleganya.

Meskipun mereka duduk bersebelahan, dua orang ini terasa sangat berbeda. Bahkan, tak jarang, salah satu dari mereka terlihat “redup” ketimbang yang lainnya. Padahal, hal itu bukan kemauan mereka sama sekali, bukan?

Dua karakter ini biasa disebut sebagai karakter introvert dan ekstrovert. Kadang, introvert merupakan kaum minoritas dalam sebuah lingkungan komunitas, mengingat kaum ekstrovert yang lebih senang berkumpul dan jelas terlihat “bersinar” dalam sebuah komunitas.

Bahkan, hal-hal inilah yang kadang membuat kaum introvert sering memandang rendah dirinya sendiri, tidak percaya diri, dan memilih untuk “menyingkir” dari lingkungan sosial, terutama bila ia merasa dirinya “redup” dibandingkan lingkungan sekelilingnya yang didominasi oleh orang-orang ekstrovert.

Karena hal ini pula, kaum introvert dianggap “susah” menggapai kesuksesan karir dibandingkan dengan para kaum ekstrovert. Padahal, ada hal-hal positif yang perlu Anda ketahui tentang kaum introvert, khususnya dalam dunia pekerjaan, lho! Apa saja?

1. Kaum Introvert = Kaum Pemerhati Tingkat Tinggi

Meskipun seringkali terlihat diam, kaum introvert merupakan kaum pemerhati tingkat tinggi, sehingga ia bisa menilai seseorang secara objektif, manakah karakter yang asli, manakah yang hanya “topeng” belaka.


2. Kaum Introvert = Kaum “Pencipta” Ide Kreatif

Seperti sebuah mesin, kaum introvert memiliki otak yang tak pernah berhenti berimajinasi. Ide-ide kreatif selalu berkecamuk dalam kepalanya, dengan cabang-cabang ide yang menjadi solusi dari permasalahan tersebut.

3. Kaum Introvert = Kaum Pemikir dan Pembuat Keputusan

Tahukah Anda bahwa kaum introvert adalah seorang pemikir handal yang bisa membuat beragam prediksi dan kemungkinan dalam kepalanya? Tak heran, dengan kebiasaan berpikir seperti ini, kaum introvert sangatlah berhati-hati dalam membuat keputusan, dan berpikir panjang atas segala sesuatunya.

4. Kaum Introvert = Kaum Pendengar Yang Baik

Kebiasaannya yang tak terlalu banyak bicara membuatnya bisa dikatakan sebagai kaum pendengar yang baik. Pasalnya, banyak orang yang senang bercerita, namun tak semua orang senang mendengar, terutama bila mendengarkan cerita tanpa harus mengumbarnya lagi ke pihak lain.

Karakter kaum introvert yang lebih suka topik cerita mendalam akan berusaha untuk menyimpannya baik-baik, seperti apa yang telah dipercayakan padanya.

***

Ternyata, di balik karakternya yang sering membuatnya terkucilkan di lingkungan sosial, kaum introvert memiliki sejuta sisi positif yang tetap bisa membuat dirinya “bersinar”, bukan?

Semoga ulasan Gudang Furniture tersebut berguna dan bisa menginspirasi, ya!


WhatsApp