Sayangi Kursi Kerja Anda dengan 6 Langkah Berikut!

Pic Source : Freepik.com

Tak hanya manusia yang butuh disayangi, kursi kerja–seperti yang bisa ditemukan di website Gudang Furniture–pun perlu dirawat dengan penuh perhatian dan kasih sayang.

Kursi merupakan salah satu furniture yang pasti Anda gunakan setiap hari, khususnya kursi kantor yang menemani waktu-waktu Anda di kantor seharian penuh, dari pukul 9 pagi hingga 5 sore.

Sayangnya, kursi kantor ini sering diperlakukan secara semena-mena oleh para penggunanya. Banyak orang yang memakainya dengan serampangan, bahkan membuatnya kotor, kumuh, dan rentan rusak. Sebagus apapun kualitas sebuah kursi kerja, jika perilaku penggunanya kurang baik, maka kursi tersebut akan mudah “sakit”, bukan?

Daripada harus membeli kursi kantor lagi dalam waktu singkat, lebih baik kita merawatnya sebaik mungkin, bukan?

Bagaimanakah cara yang tepat untuk menyayangi sebuah kursi kerja?

1. GUNAKAN UNTUK POSISI DUDUK SEWAJARNYA

 

Pic Source : Freepik.com

 

Posisi duduk saat Anda bekerja ternyata menentukan “usia” kursi yang Anda gunakan, lho! Pasalnya, banyak orang yang duduk secara seenaknya di atas kursi kerja. Ada yang menyandarkan kakinya di sandaran tangan, ada pula yang berdiri di atas kursi tersebut.

Padahal, setiap furniture “diciptakan” sesuai posisi wajar untuk aktivitas yang berkaitan dengannya.

2. HINDARI DARI CIPRATAN AIR DAN MINYAK

 

Pic Source : Freepik.com

Upholstery atau bahan pelapis pada kursi kerja berasal dari beragam jenis material dengan berbagai karakter berbeda. Namun, kebanyakan bahan pelapis ini tak tahan akan tumpahan air dan minyak yang mengganggu, khususnya pada bahan fabric yang berpori besar dan mudah menyerap noda.

Untuk itu, hindari kemungkinan kursi Anda terkena cipratan air secara berlebihan dan minyak yang mungkin meninggalkan noda, ya!

3. JANGAN TERLALU SERING MENGGESER KURSI

 

In Frame : Kursi Fantoni dari Gudang Furniture

 

Apakah Anda sering menggerakkan dan menggeser kursi secara paksa? Jangan biasakan melakukan hal ini, khususnya bila kursi yang Anda pakai bukanlah kursi beroda. Alih-alih awet dan bermanfaat, kursi tersebut malah akan mudah patah dan rusak, bukan?

Namun, bila kursi yang Anda gunakan merupakan kursi beroda, jangan sampai Anda terlalu berlebihan dalam menggeser dan memindahkan posisi kursi tersebut, terutama bila kantor Anda dilapisi oleh karpet. Serabut karpet, debu, dan kotoran lainnya mudah tersangkut di rodanya, jika Anda menggesernya secara berlebihan.

4. BERSIHKAN KURSI SECARA RUTIN

 

Pic Source : Freepik.com

 

Dengan membersihkan kursi secara rutin, setidaknya sehari atau dua hari sekali, Anda bisa mengurangi penumpukan debu yang mungkin terikat di permukaan kursi, terutama pada bahan fabric.

Bersihkan sesuai karakter dari upholstery-nya, misalnya untuk fabric, Anda bisa membersihkannya dengan vacuum cleaner, ataupun hanya lap lembab untuk bahan pelapis kulit genuine ataupun sintetis (oscar).

5. JEMUR KURSI DI BAWAH SINAR MATAHARI

 

Pic Source : Freepik.com

 

Salah satu hal yang sering luput dari tahap perawatan kursi kantor adalah aktivitas “menjemur” kursi di bawah sinar matahari, terutama bila kantor Anda pengap, minim bukaan, dan tidak mendapatkan cahaya matahari.

Ternyata, panas dan cahaya matahari bisa memusnahkan kuman dan bakteri penyebab penyakit di furniture Anda, tak terkecuali kursi kerja Anda.

6. LUMASI HIDROLIK KURSI SECARA BERKALA

In Frame : Fantoni Falco from Gudang Furniture

 

Hidrolik memiliki “usia” sendiri yang membuatnya mudah seret dan sulit dinaikturunkan seperti sedia kala. Oleh karena itu, sebaiknya Anda rutin melumasi hidrolik kursi secara berkala, setidaknya sebulan sekali, agar sistem hidrolik pada kursi kerja Anda tak gampang rusak.

***
Jadi, jangan lupa untuk menyayangi kursi kerja Anda, ya!

Jika ingin berbelanja furniture kantor baru, Anda bisa mengunjungi website