Tips Merawat Sofa Kulit Sintetis Agar Kinclong Terus

source : www.pinterest.com

Sofa merupakan salah satu furnitur penting dalam suatu ruangan. Sofa berfungsi sebagai tempat duduk menerima tamu atau hanya sebagai tempat duduk santai bersama keluarga. Sofa kulit memang memberikan sentuhan elegan pada dekorasi ruangan. Tapi, tahukah kamu jika sofa dengan material kulit memerlukan perawatan khusus untuk menjaga kualitas kulit. Kamu tidak bisa membersihkannya hanya dengan menggunakan lap basah saja.

Cara membersihkan sofa kulit yang salah dapat merusak sofa, seperti penggunaan deterjen dan pembersih dengan bahan dasar amonia juga harus dihindari. Meskipun sofa dengan material kulit tergolong lebih kuat dan tahan lama, namun perawatannya harus benar-benar dijaga.

Cara membersihkan sofa kulit sintetis dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah kamu. Merawat sofa kulit sintetis tidak sesulit merawat sofa kulit asli. Bahan yang satu ini cenderung lebih tahan terhadap air dan paparan sinar matahari. Namun daya tahanya tentu tidak akan selama sofa kulit asli. Berikut Gudang Furniture akan kasih tips langkah-langkah cara membersihkan sofa bahan sintetis.

 

1.   Membersihkan Debu Menempel

source : www.pinterest.com

Debu sering kali muncul diberbagai tempat, termasuk di sofa kesayangan kamu. Untuk membersihkannya pada sofa berbahan sintetis sangat mudah, kamu cukup dengan mengelap dengan kain kering maupun dengan kemoceng, hindari lap basah karena bisa merusak kualitas sofa dalam jangka panjang.

 

2.   Membersihkan Noda Membandel

source : www.pinterest.com

Jika terdapat noda-noda yang sulit untuk dihilangkan pada sofa, cukup gunakan lap kering atau lap lembab dan cuka. Campuran dengan perbandingan  3 : 1 untuk cuka dengan air. Setelah campuran siap, gunakan lap kering untuk menggosokan campuran tersebut pada sofa di area yang terkena noda membandel. Gosok hingga noda terangkat sampai terlihat bersih. Biasanya setelah dibersihkan dengan cuka, maka ruangan menjadi bau hal ini bisa diatasi dengan menggunakan baking soda. Kamu bisa menggunakan cara menyebarkan baking soda pada permukaan sofa. Pertama-tama sebarkan baking soda sedikit ke sofa. Perhatikan dalam waktu 5 menit, apakah sofa kamu mengalami perubahan warna atau tidak. Jika tidak, maka Anda dapat menyebarkan baking soda tersebut seluruh permukaan sofa. Biarkan beberapa jam supaya bau menghilang seluruhnya. Setelah itu baking soda dapat dibersihkan dengan menggunakan vacum cleaner.

 

3.   Menjaga Kelembaban Sofa

source : www.pinterest.com

Letakkan sofa di dalam ruangan atau tempat yang teduh dan terhindar matahari langsung. Jangan biarkan ada noda di sofa dan menempel terlalu lama. Karena noda yang mengering akan sulit untuk dibersihkan dan membekas pada sofa. Untuk menjaga tampilan sofa kulit sintetis ini, ada baiknya menggunakan pelembab sofa kulit untuk menjaga kelembaban permukaan sofa. Selain itu pelembab juga dapat mempertahankan warna sofa serta menjaga kelenturanbahan kulit sintesis yang membuatnya tidak akan mudah mengalami kerutan dan pecah-pecah. Lakukan perawatan secara teratur minimal seminggu sekali.

 

4.   Keringkan Sofa

source : www.shutterstock.com

Setelah sofa selesai dibersihkan, jangan lupa untuk mengeringkannya. Hal ini bisa dilakukan dengan menunggu sofa hingga kering atau juga dengan menggunakan alat pengering. Langkah selanjutnya kamu dapat meletakkan sofa bahan kulit sintetis ini di ruang yang teduh agar terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Jika sofa terkena sinar matahari terlalu lama sofa akan panas. Akibatnya permukaan sofa akan mudah retak dan pecah karena sifat sofa bahan kulit sintetis yang tidak menyerap panas.

***

Begitulah tips membersihkan sofa kulit sintetis, sebetulnya sofa kulit sintetis ini cenderung lebih mudah dalam perawatannya. Hal ini dikarenakan bahan kulit sintetis tidak memiliki serat. Semoga bermanfaat untuk Teman Gudang, jangan lupa share tulisan ini jika bermanfaat.

 

 

Artikel Terkait

Dec 10, 2020
Jenis Jenis Finishing Cat Kayu Yang Paling Recommend Untuk Furniture

Finishing pada furnitur kayu merupakan proses pemberian lapisan pada permukaan kayu untuk melindungi dan mengawetkan furnitur kayu. Selain itu, finishing kayu juga berguna untuk menutupi beberapa kelemahan kayu dalam hal warna, tekstur dan ketahan dalam hal benturan dan keadaan cuaca. Bahan untuk finishing kayu merupakan lapisan penentu terhadap hasil akhir suatu proses finishing.

Dec 03, 2020
4 Hal ini bisa Menyebabkan Sofa Kulit Mudah Rusak

Interior rumah yang menarik tentu tak lengkap tanpa penggunaan furniture yang tepat. Untuk urusan memilih furniture, sofa kulit tentu menjadi salah satu andalan banyak orang. Karena jenis sofa tersebut cocok dipadukan dengan beragam gaya interior. Pilihlah sofa kulit dengan kualitas terbaik supaya tahan lama karena tidak mudah rusak.

Nov 05, 2020
4 Tips Memilih Furniture Tahan Banjir Saat Musim Hujan

Musim hujan telah tiba. Banjir sepertinya masih enggan menjauh dari kehidupan masyarakat Indonesia. Terutama di daerah Jakarta dan sekitarnya. Di mana setiap tahun pasti ada saja titik  banjir yang terjadi karena berbagai faktor. Mulai dari intensitas hujan yang terus menerus, sampah dimana-mana, tanggul air jebol, hingga meluapnya kali dan sungai sampai kerumah-rumah.

Oct 15, 2020
8 Rekomendasi Kursi Kerja Untuk WFH, Harga Mulai Dari 350rb-an

Ditengah pandemi ini banyak orang melakukan perkerjaan dirumah alias Work From Home. Untuk kenyamanan dalam bekerja pun menjadi faktor utama yang mampu mempengaruhi fokus dan produktivitas kamu. Kursi adalah bagian penting saat kamu berkerja. Bicara soal kursi kerja, ternyata banyak berbagai macam kursi kantor yang bisa kamu pilih, harga juga mulai dari yang ekonomis hingga yang fantastis.